Skip to main content
Search
Search

Baik Anda batuk disebabkan oleh flu atau pilek; Anda ingin mengetahui cara menghentikan batuk di malam hari, dan pulih dengan cepat. Dengan beberapa tips dan trik, serta pengobatan batuk di malam hari yang sudah terbukti, Anda dapat tidur nyenyak di malam hari.

  • Ada yang mengatakan bahwa minum teh hangat merupakan cara terbaik untuk melegakan tenggorokan yang sakit, melembapkan saluran pernapasan atas, dan meredakan batuk. Hindari teh yang mengandung kafein, dan minumlah teh yang mengandung bunga kamomil dan madu. Jika cara itu belum berhasil, cobalah untuk meminum satu sendok teh madu sebelum tidur.
  • Mentol dan minyak kayu putih merupakan obat batuk alami. Dengan beberapa tetes minyak kayu putih yang diteteskan ke dalam air mandi Anda, menempatkan penghangat kecil di samping tempat tidur atau bahkan mengoleskannya pada dada Anda, menghirup uapnya dapat membantu untuk melegakan/memudahkan pernapasan yang dapat meredakan batuk.
  • Berendam dalam air hangat atau mandi dengan pancuran air hangat. Uap dari salah satu cara mandi di atas dapat mengencerkan lendir dan dahak yang menumpuk di jalan napas bagian atas. Meskipun cara ini dapat membuat Anda batuk dan mengeluarkan banyak lendir dari hidung, hal tersebut justru membersihkan sistem pernapasan sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan Anda.
  • Ubah cara Anda tidur di malam hari. Berbaring telentang dapat menyebabkan cairan yang menumpuk di hidung (nasal drip) semakin parah dibandingkan jika Anda berbaring miring atau tengkurap. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dapat membantu. Susun beberapa bantal di belakang Anda untuk membuka jalan napas dan menurunkan lendir. Tidur pada sofa dengan sandaran yang nyaman dapat memberikan efek yang sama saat mencoba pengobatan batuk di malam hari ini.
  • Minum air sebanyak mungkin. Meminum air yang cukup di sepanjang hari dapat membantu mengencerkan lendir di tenggorokan Anda dan memudahkan lendir dikeluarkan melalui batuk. Air memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tetapi Anda harus meminumnya dalam jumlah yang cukup di sepanjang hari untuk mendapat manfaat yang nyata.
  • Gunakan alat pelembap ruangan (humidifier) untuk memberikan kelembapan yang mungkin kurang di udara. Saat mencoba menghirup udara yang kering, jalan masuk udara akan menjadi kering, sehingga menyebabkan batuk. Dengan kelembapan udara yang memadai, batuk akan berkurang. Beberapa alat pelembap ruangan memiliki tempat untuk meletakkan balsem pereda batuk dan flu. Pelembap akan mengeluarkan aroma semacam peppermint ke seluruh ruangan yang akan membantu membuka jalan napas.

Jika batuk masih terjadi pada malam hari, pertimbangkan berkonsultasi dengan ahli medis untuk mendapatkan saran lebih lanjut mengenai cara menghentikan batuk di malam hari. Batuk yang terus berlangsung selama berminggu-minggu tanpa ada gejala membaik, dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru. Dengan menjaga kesehatan pribadi dan orang-orang di sekitar Anda, serta melawan batuk, tidur Anda di malam hari bisa lebih nyaman dengan menggunakan cara-cara pengobatan tersebut.