Skip to main content
Search
Search

Batuk adalah salah satu gejala paling umum yang pengobatannya dapat diperoleh di apotek umum. Refleks batuk merupakan bagian penting dari mekanisme pertahanan tubuh. Bersama dengan mekanisme yang lain, batuk membantu untuk melindungi paru-paru dari partikel yang telah dihirup. Dorongan udara selama batuk akan mendorong partikel tersebut keluar dari jalan napas.

Batuk membantu tubuh untuk menyingkirkan kelebihan dahak dan bahan pengganggu lainnya. Upaya fisik dari batuk yang membandel dapat meningkatkan gangguan jalan udara dan menyebabkan pasien menderita.

Batuk dapat diklasifikasikan berdasarkan durasi batuk tersebut. Batuk akut berlangsung kurang dari tiga minggu dan umumnya karena infeksi pernapasan akut. Batuk yang berlangsung lebih dari tiga minggu, tetapi kurang dari delapan minggu, diklasifikasikan sebagai batuk sub-akut, sementara batuk yang telah berlangsung selama lebih dari delapan minggu disebut sebagai batuk kronis.

Penyebab Umum Batuk

  • Infeksi Virus - Setelah flu, batuk kering dapat berlangsung beberapa minggu lebih lama dibandingkan gejala lainnya dan seringkali bertambah parah di malam hari
  • Infeksi saluran pernapasan seperti sinusitis, pharyngitis, tonsillitis, pneumonia, dll
  • Alergi
  • Terpapar pemicu seperti debu, asap, dan bahan kimia di lingkungan kerja
  • Asma. Batuk kering kronis mungkin merupakan tanda asma ringan.
  • Penyumbatan jalan napas akibat benda yang terhirup
  • Merokok

Jenis-jenis Batuk

Batuk seringkali dijelaskan sebagai batuk berdahak atau batuk kering.

Batuk berdahak atau batuk produktif adalah batuk yang menghasilkan dahak atau lendir. Lendir dapat berbentuk encer sehingga dapat ditelan atau dikeluarkan dengan ludah, atau dapat disebut sebagai 'batuk berdahak', berkumpulnya lendir di dalam paru-paru.

Batuk kering atau batuk tidak produktif seringkali disebut sebagai batuk yang mencekat, gatal, atau menganggu. Batuk kering dapat disebabkan oleh polusi udara, debu, atau perubahan suhu, serta berbagai kondisi medis lainnya, termasuk asma.